Cursor

SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Tuesday, January 1, 2013

Drama じゅうい ドリトル (Veterinarian Dolittle) dan Komik Wild Life

Hai hoi semuanya, tahun udah ganti lagi aja ya. Sebelumnya saya mo ngucapin selamat tahun baru 2013 nih buat semuanya. 新年あけましておめでとうございます、みなさん。。。。。Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi, galau berkurang, duit meningkat dan cepet-cepet lulus jadi dokter hewan buat saya (Amiiiin.... >.<). Di tulisaan saya kali ini, saya mo cerita nih tentang kesukaan saya kalo lagi liburan. Baca komik plus nonton drama. Hhahahaha....... :-D Ini nih, komik sama drama yang biasanya saya baca dan saya tonton kalo lagi ada waktu senggang.
 
 

 
Drama Kedokteran Hewan, じゅうい ドリトル (Juui Dolittle; Veterinarian Dolittle; Dokter Hewan Dolittle), dan Komik Wild Life adalah dua hal yang perlu coba diikutin ceritanya sama mahasiswa Kedokteran Hewan di Indonesia. Drama Veterinarian Dolittle ini adalah drama Kedokteran Hewan yang menceritakan tentang seorang Dokter Hewan hebat bernama Tottori Kenichi, panggilannya Dolittle, yang punya kemampuan luar biasa dalam menyembuhkan pasiennya dan benar-benar diakui di Jepang, baik oleh klien maupun rekan sejawatnya walaupun menurutnya praktik dokter hewan adalah bisnis yang menghasilkan uang. Drama ini menarik karena mengangkat tentang kehidupan dokter hewan dan hewan peliharaan di mata masyarakat Jepang. Mungkin agak ada persamaan persepsi orang awam mengenai hewan peliharaan di mata masyarakat Jepang dengan masyarakat kita, yaitu menjadikan hewan peliharaan hanya sekedar hewan saja dan belum begitu memahami makna sebenarnya dari seekor hewan peliharaan bagi keluarga. Biaya pengobatan hewan yang mahal seringkali menjadikan berbagai macam penyakit serius tidak begitu ditanggapi oleh orang awam. mereka berpikiran bahwa lebih baik membeli kucing atau hewan peliharaan baru daripada harus membayar biaya pengobatan hewannya yang bahkan lebih mahal  jika dibandingkan dengan biaya pengobatan manusia. Hal ini lah yang juga masih dianut perspektifnya oleh masyarakat di Indonesia, pandangan ini menurut saya tidak beda jauh dengan yang namanya "melarikan diri dari tanggung jawab". Masih sedikit dari mereka yang berpikiran bahwa ketika mereka sudah menyetujui untuk mengadopsi seekor hewan untuk tinggal di rumah, seharusnya mereka juga mau menganggap hewan tersebut sebagai bagian dari keluarganya dan masih sangat sedikit juga orang yang berpikir ketika hewan peliharaannya sakit, bagaimana pun caranya harus segera diobati. Bagi mereka yang menganggap hewan peliharan mereka adalah bagian dari keluarga, amatlah disayangkan apabila hewan tersebut mati. Kehilangan si kitty berarti kehilangan satu anggota keluarga juga. Ya....tapi itu hanya opini saya saja sih. Bukan bermaksud menggurui. Toh, semuanya dikembalikan lagi kepada masing-masing orang, iya kan? Oia, temen-temen bisa coba download film Veterinarian Dolittle-nya di sini dan liat-liat infonya di sini.
 
 

 

 
 
 
Nah, sedangkan Wild Life itu pasti semua temen-temen di Kedokteran Hewan udah pada tau kan? Mungkin kalo yang belum tahu, Wild Life ini menceritakan kehidupan drh. Tessho Iwashiro dalam ngejalanin profesinya sebagai seorang dokter hewan di Rumah Sakit Hewan terkenal dan bertaraf Internasional R.E.D (yang pada akhirnya di Vol. ke 11 diceritain kalo Tessho pindah ke Rumah Sakit Hewan Universitas Meio karena suatu alasan). Dokter hewan satu ini diceritain punya ketajaman irama yang bisa ngebuat dia ngedenger sesuatu kayak nada, misalnya do rendah, la tinggi, fa rendah, dsb. Hal ini lah yang menguntungkan dia karena ketika mendiagnosa pasien dengan suara jantung atau pernapasan yang ga normal seperti biasanya ga perlu pake stetoskop lagi :-) . Temen temen bisa baca sinopsis sekaligus perkenalan lebih lanjut sama komik ini di sini.
 
Oh iya, komik ini udah dibuat dramanya juga kayak Veterinarian Dolittle. Tadinya kata om Fujisaki Masato, pengarang Wild Life, mo dibuat animenya tapi ternyata kalo komik-komik kedokteran lebih cocok dibuat dramanya (Wild Life vol. 25). Makannya dibuat lah dramanya yang tokoh-tokoh pemerannya kayak gini:
 
 
 

 
 
Waaaahhhhhhh.........dulu pas bulan puasa tahun lalu sempet nonton streaming nya nih, tapi ternyata situsnya udah ga bisa streaming-an lagi. Mungkin bagi temen-temen yang punya info bisa didownload di mana bisa dishare di sini ya (saya juga berharap banget sharingnya T____T)


No comments: