Cursor

SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Monday, January 21, 2019

Hernia pada Kucing


Pernahkan Om dan Tante menemukan kucing dengan benjolan lunak di daerah sekitar perut, daerah umbilikal atau pusar, lipatan paha, atau bahkan daerah kantung testis pada kucing jantan? Dan apabila kita coba untuk diraba dan dipencet ke dalam, benjolan tersebut hilang seketika namun akan kembali muncul apabila tidak ditahan. Benjolan tersebut mungkin sangat jelas terlihat dan membuat pemilik menjadi khawatir terhadap kondisi Si Mpus. Bisa jadi benjolan tersebut adalah gejala Si Mpus sedang mengalami kondisi kelainan yang disebut sebagai HERNIA. Dalam dunia kedokteran hewan, hernia dikenal sebagai sebuah kelainan di mana terdapat cincin atau lubang pada otot-otot di daerah tertentu, sehingga organ-organ pada ruang perut menjadi masuk dan membentuk sebuah kantung di bawah kulit. Kantung yang berisi organ-organ ruang perut inilah yang nampak seperti sebuah benjolan pada daerah tersebut. Adapun lubang yang menyebabkan hernia pada umumnya dapat terbentuk karena beberapa hal, di antaranya akibat trauma fisik sehingga membuat robeknya otot atau juga dapat terjadi karena adanya kelainan bawaan sejak lahir atau bersifat kongenital.

Gambaran sketsa memperlihatkan kondisi di dalam kantung hernia yang terlihat seperti benjolan.

Dengan begitu, sangatlah berbahaya apabila hernia tidak ditangani dengan segera, mengingat isi dari kantung tersebut adalah organ-organ pencernaan penting, seperti usus, dan bahkan organ perut lain seperti hati, limpa, dan lambung pada kasus-kasus tertentu.


Lalu, apa saja jenis-jenis hernia yang dapat diderita oleh Si Mpus?

Terdapat beberapa macam hernia yang dapat dialami oleh kucing. Di antaranya adalah:
  1. Hernia abdominalis, hernia jenis ini cukup sering ditemukan pada beberapa kucing muda dan dewasa. Hernia abdominalis terjadi karena robek atau berlubangnya otot di daerah perut bagian bawah sehingga karena pengaruh gravitasi membuat organ perut di dalamnya turun dan tertampung di bawah kulit.

  1. Hernia umbilikalis, hernia jenis ini biasanya sering terjadi pada kucing muda yang mengalami gangguan pada penutupan saluran umbilikal atau pusar yang pada awalnya sebagai jalan masuk nutrisi dari induk ke janin. Karena tidak menutup sempurna setelah dewasa, kondisi ini menimbulkan lubang penyebab hernia. Pada kucing muda yang berusia 3-4 bulan dengan diameter lubang sebesar 1 cm dapat menutup dengan sendirinya. Namun, pada kucing dewasa dengan  lubang yang besar harus dilakukan pembedahan.

  1. Hernia ingunalis, hernia yang terjadi karena akibat robeknya dinding perut pada daerah ingunal atau  lipatan paha.

  1. Hernia scrotalis, hernia yang hanya terjadi pada kucing jantan. Organ dalam pada ruang perut, biasanya usus, menjadi terdorong ke dalam kantung testis (scrotum) sehingga testis nampak membesar. Pada manusia, hernia jenis ini biasa dikenal sebagai istilah "turun berok".

  1. Hernia diafragmatika, hernia yang terjadi akibat adanya robekan trauma fisik seperti sehabis tertabrak atau adanya lubang bawaan sejak lahir pada otot diafragma akibat gangguan pembentukan diafragma saat kucing masih dalam kandungan (peritoneal-pericardial diaphragmatic hernia atau PPDH) sehingga saat diraba rongga perut seakan kosong karena organ perut bergeser ke dalam rongga dada. Limpa, hati, lambung, bahkan usus dapat masuk ke rongga dada. Hernia jenis ini memang tidak dapat dilihat sebagai sebuah tonjolan di permukaan kulit karena yang mengalami kerobekan adalah otot diafragma yang memisahkan antara rongga dada dengan rongga perut Si Mpus. Sehingga gejala yang dapat Om dan Tante temukan pada hernia diafragmatika adalah kucing mengalami kesulitan bernapas akibat paru-paru didesak oleh organ perut sehingga ruang dada menyempit atau kucing dapat mengalami gangguan pencernaan ringan tergantung dari keparahan hernianya.


Bagaimana tingkat kesembuhan dari kejadian hernia ini?

Tingkat kesembuhan dari hernia sangat tinggi apabila segera ditangani. Artinya semakin dini hernia diketahui,makasemakin tinggi kesempatan Si Mpus dapat sembuh dan kembali normal. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengobati hernia adalah dengan jalan melakukan pembedahan dan menutup lubang atau cincin penyebab hernia serta mengembalikan organ perut pada kondisinya semula.
Oleh karena itu, apabila Om dan Tante menemukan kondisi benjolan tak wajar di daerah-daerah tersebut hendaknya segera membawa Si Mpus ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Sehingga kucing penderita hernia tidak menjadi lebih buruk kondisinya dan dapat hidup sehat kembali seperti semula.

33 comments:

Unknown said...

Kucing saya juga mengalami hal demikian

Unknown said...

kirakira biaya nya sampe brp ya

hfd said...

kucing jantan milik putri saya jg begitu, umur ny msh 3bln, dokter hewan ny bilang msh trlalu kecil untuk operasi dn resiko ny trlalu besar. jadi gak tega tp kasian klo tdk dioperasi...mohon doa ny smg operasi ny lancar dn sehat kembali...aamiin

Unknown said...

harga nya berapa ya? mahal gak? :(

Anonymous said...

kucing tetangga saya mirip seperti itu,
sehari berak 6x dan beraknya encer terus dan beraknya di teras tempat saya tinggal,
hampir sebulan seperti itu namun tidak dirawat dengan baik oleh pemiliknya.
tempo hari kucingnya mati kemungkinan ada yang sengaja membunuh.
saya yang tidak punya punya merasa sedih.

Juannov said...

Di puskeswan ragunan sekitar 300rb, masuk operasi besar.

Anonymous said...

Berbahayakah jika tidak segera dioperasi?

Unknown said...

Kucing sya jga seperti itu hernia yg no 5...apakah bahaya klw gak di operasi?kasihan liatnya dia bernafas tersengal2

Unknown said...

Bukannya sampe jutaan? Lokasinya dimana itu?
Kasian kucing saya temui di jalan gak tega tolong segera infonya.

Unknown said...

Biayanya berapa Pak ?
Saya nemu kucing di jalanan soalnya dan bukan milik saya kasian.

Unknown said...

Kucing sy umur 4 bln juga ada benjolan dibawah perut ....

Unknown said...

Anak kucing saya juga seperti ada benjolan, di tali pusar nya sebesar anggur. Usia anak kucing saya baru 2 minggu, bingung harus kasi tindakan bagaimana, karena di desa gak ada dokter hewan

Unknown said...

Alamat lengkapnya puskeswan ragunan dmn ya Pak? Mohon infonya.. mksh sbelumnya..

Unknown said...

Kl di pukeswan ragunan.apakah kita harus punya ktp dki ?

Erina Radixa Putri said...

Ada di google map puskeswan tempatnya gede kl dari ragunan pintu utara dia di kiri jalan setelah pombensin. Tanya aja sekitaran sana pasti pada tau

ALNI ALRIZKIKA'S DIARY said...

Kucing saya baru hampir usia 2 Minggu... Ada benjolan di perut bagian pusar .. tiap hari bejolannya makin membesar... Bagaimana solusi pengobatannya dok...

Unknown said...

Saya nemu kucing kecil dijalan kondisi bengkak besar dilipatan paha,saya sudah cek ke pukeswan ragunan kata nya hernia..
Jum'at jadwal mau di oprasi,doa'n ya biar kucingnya selamat..oprasinya beresiko besar soalnya umur kucing blm 3 bulan

Anonymous said...

kucing saya usia 3thn hernia akibat tertabrak motor, tulang pinggul kanan sampai patah dan limpanya hanya tinggal setengah saja. Alhamdulillah sudah di operasi tapi sayangnya jalannya sudah tidak senormal sedia kala.
FYI: untuk tindakan operasi sekaligus sterill di klinik yg menangani kucing saya kisaran 3,2jt tapi belum termasuk check up 3 hr sekali selama 2 minggu dan resiko jahit ulang apa bila jahitan jebol lagi

Anonymous said...

Klo boleh tau kliniknya dimana sis/bro...total smua kira2 berapa? Tks..sblmnya

Unknown said...

Kucing saya kurang dari 1 bulan sudah muncul benjolan, awalnya sih dia bernanah di benjolan itu tp tak selang beberapa waktu benjolannya meletus keluar nanah, sekarang benjolannya bewarna merah, itu di pusar, apakah ini juga dinamakan hernia umbilikalis atau hanya seperti infeksi?

Boom teknologi said...

Dok, kucing saya umur 3bulan , ada seperti benjolan di samping, bawah tulang rusuk, pinggir sebelah kanan ,kira kira kenapa yah?

Unknown said...

Saya nemu kucing depan rumah yg wktu itu kondisinya memprihatinkan, kaki leher luka2 dan perut kirinya berlubang, sepertinya karna serangan kucing lain, lalu saya priksakan ke klinik kuningan Jogja, saat diperiksa kabarnya tidak ada masalah didalam perutnya,

Alhamdulillah skrg sudah sembuh dan luka lubang sudah menutup, namun sudah 2-3bulan muncul benjolan dibekas luka lubangnya, itu kir2 knapa yaa dok? Benarkah hernia atau bukan?

Saat dipegang seperti ada organ berbentuk panjang2 gtu trus bisa didorong kdalem smpai tidak terlihat ada benjolan,

Putri Shadrina said...

Doain kawan2, malam ini kucing saya juga akan dioperasi hernia di klinik hewan :') semoga si putih selamat dan sehat seperti sedia kalaaa...

Unknown said...

mba kalau boleh tau biayanya berapa?

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Kucing saya seperti ini,tapi dia masih bisa aktifitas seperti biasa kaya kembarannya. Btw kira kira klo diop biayanya berapa??

Unknown said...

Sy jg nge rescue kucing dng kondisi benjolan lunak di bagian perut sebelah kiri atas. Duuhh kasian. Klo hrs operasi besar biayany pst mahal yah ??

Unknown said...

Tapi benjolan nya mengecil kan kak

Unknown said...

Anak kucing saya juga baru 2 minggu udah ada benjolan besar di area pusarnya

Nindy said...

Sama, ank kucing saya juga gitu:( sedih dan bingung mau digimanain. Katanya harus dibawa ke dokter. Tapi masih kecil banget. Tambah biayanya pasti lah besar

Anonymous said...

Mampir kesini karena pgn cari tau kucingku sakit apa krn ada benjolan lunak di bagian perutnya, eh ternyata hernia :) sy pun baru tau & smpet survei harga ternyata biaya operasi ad yg smpe jutaan dong sdgkn sy ekonominya tidak se wah itu.. jd kira² adakah saran tempat operasi hernia yg agak murah sekitaran Depok :) sy tdk tega liat kucingku sprti itu smpe skrg...

Grengger said...

Untuk biayanya sih saya kemarin jalanin oprasi di kucing umurnya 2 bulan, sekitar 500rb udah dapat obat antibiotik sama vitaminya, saran dari doktenya jangan kasih makanan yang keras jika udah begitu...

Anonymous said...

Kucing saya jg baru keliatan ada benjolan di pusar. Usia baru 1bln.... Kira2 BRP ya biayanya