Cursor

SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Sunday, March 4, 2012

Kedokteran, Sebuah Seni yang Dapat Bersaing dengan Malaikat Maut

Kedokteran, baik manusia, gigi, maupun hewan, adalah seni yang menggabungkan segala aspek bidang disiplin ilmu kelompok sains,
seperti:
- fisika terapan yang dapat berupa konsep mekanika, fluida tekanan, termodinamika, kelistrikan, dan lain sebagainya.
- kimia dalam bentuk konsep biokimia, dan
- terutama biologi.
 
Bagi seorang mahasiswa kedokteran memang tak mudah untuk menaklukkan segala ilmu yang berbeda-beda namun saling berkesinambungan itu.
 
Inilah konsekuensi bagi mereka yang memilih jurusan tersebut sebagai profesinya suatu hari nanti. Lelah dan kantuk yang mendera setiap waktu seperti hembusan angin gurun yang mudah datang, namun juga mudah pergi begitu saja.
Bagaimana tidak, belum saja satu ilmu terserap dengan mantap dalam memori otak, tapi sudah dicekoki ilmu-ilmu lain dan begitulah seterusnya hingga mulut ini melafalkan syair yang wajib disenandungkan dan didengar oleh Tuhan, guru, dan orangtua sebagai kunci pertanggungjawaban kehormatan diri terhadap profesi.
 
Dan pada akhirnya, mereka siap untuk “saling berebut” nyawa dengan malaikat maut dan menjadi makhluk Tuhan lainnya yang berpotensi menjadi pesaing handal bagi mereka.
Dan mengapa ilmu ini digolongkan sebagai seni? Karena kedokteran itu adalah ilmu yang bebas namun teratur. Seperti aliran seni rupa kubisme milik sang pelukis hebat, Pablo Piccaso.
^^”
Jadi, apakah yang membuat langkahmu berat untuk tetap berjuang dan belajar menjadi seorang seniman di Kedokteran?

No comments: