Cursor

SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Thursday, April 5, 2012

Indahnya Orkestra Kehidupan Sang Pencipta

Anatomi Veteriner I dan Biokimia Umum telah saya lalui selama setengah semester. Walau baru sebentar, saya justru mendapatkan berbagai hal yang membuat saya takjub dengan apa yang telah Allah SWT ciptakan pada tiap makhluknya yang dirancang sangat sesuai dengan fungsinya dalam menjalani kehidupan.

Cerita dimulai dari matakuliah Anatomi yang mengenalkan saya pada tulang dan otot. Begitu hebatnya Sang Pencipta merancang diameter tulang panggul atau Os coxae dari seekor hewan betina. Allah membentuknya seperti sebuah lingkaran hampir sempurna sebagai jalan partus agar ketika fetus atau bayi dilahirkan tidak terlalu sulit ia keluar dari rahim sang induk. Dapat dibayangkan apabila diameter itu berbentuk oval seperti yang dimiliki oleh pejantan, fetus yang dilahirkan akan sulit keluar karena sisi kiri dan kanan jalur partus lebih sempit daripada sisi atas dan bawahnya.

Kemudian Biokimia Umum menyadarkan saya bahwa molekul sekali pun dapat menjadi implementasi kebesaran Sang Pencipta. Air yang merupakan suatu zat biasa ternyata memiliki banyak keunikan yang justru keunikan tersebut sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Allah menjadikan air sebagai penyusun terbesar tubuh makhluk hidup karena berguna sebagai pelarut zat-zat makanan yang kita makan dan juga didasari oleh titik beku dan titik didih yang dimilikinya dapat sesuai dengan lingkungan di mana kita hidup.

Titik beku dan titik didih air yang masing-masing sebesar 0 dan 100 derajat celcius ini memiliki fungsinya tersendiri.

Kita dan hewan mamalia tidak akan pernah kehilangan air akibat penguapan pada suhu standar di mana manusia dan hewan dapat hidup, karena air hanya akan berubah menjadi uap pada suhu 100 derajat dan cairan tubuh kita juga tidak akan mudah membeku karena titik beku yang dimiliki air sangat rendah jika dibandingkan dengan pelarut lainnya. Jika pada saat penciptaan, Allah menggantikan air dengan bahan yang mudah menguap pada suhu lebih rendah daripada 100 derajat dan membeku pada suhu tinggi melebihi 0 derajat, tentunya kita dan hewan tidak akan bisa hidup sebagaimana mestinya.

Baru saja dua ciptaan kehidupan yang saya pelajari namun justru membuat saya tersadar apa sebenarnya makna dari firman-Nya pada Q.S Al Sajdah, 32: 7.

“Dia yang membaguskan segala sesuatu yang Dia ciptakan……”

Maha Besar Allah dengan segala ciptaan-Nya.

No comments: