Cursor

SpongeBob SquarePants Mr. Krabs

Thursday, October 22, 2015

Urang Sunda (Katanya?)

         Malem semua.....
      Kali ini gue pengen cerita tentang background suku dan adat dari keluarga. Gue berasal dari orang tua blesteran. Nyokap asli Majalengka, bokap Jakarta. Alhasil terjadilah gue. Keturunan Sunda dan Betawi yang idup di Bekasi. Sebuah planet, maksud gue, sebuah kota yang juga merupakan tempat percampuran budaya Sunda dan Betawi yang amat sangat bisa terlihat di setiap sudut kehidupannya. Karena setengah-setengah inilah, gue pun sangat sedikit belajar kebudayaan Betawi apalagi Sunda. Jangan harap gue bisa bahasa Sunda. Biarpun nyokap bisa, tapi karena di rumah gue bicara pake bahasa Indonesia makanya ga terbiasa ngegunain bahasa Sunda dalam percakapan sehari-hari.

       Bahkan gue punya cerita waktu pelajaran bahasa Sunda di SD. Gue pernah dapet nilai 5 pas ulangan umum di mata pelajaran itu. Gue yang lugu hanya bisa tersenyum polos di depan nyokap sambil menyerahkan lembar nilai ulangan gue dan berakhir dengan decak marah nyokap.

"YA AMPUN, RIFKY! BAHASA SUNDA KAMU DAPET 5? KOK BISA?? Malu-maluin mama aja kamu ini. Orang Sunda ga bisa bahasa Sunda gimana jadinya? Keterlaluan banget. Sana belajar lagi".

       Untung aja nyokap ga nyoret nama gue dari kartu keluarga gara-gara gue orang Sunda KW kesekian. Bahkan sampe sekarang gue kuliah udah jalan 5 tahun di Bogor, yang notabene penduduknya pake bahasa Sunda pun, kemampuan speaking dan vocab gue di Sunda hanya meningkat 0.01% dari sebelumnya alias ga ada perkembangan. Makanya gue selalu jadi bahan bully-an temen-temen di kampus gue yang justru banyak dari daerah Jawa Barat kayak Sumedang, Subang, Bandung, Tasik. Tiap ada yang ngomong atau kalimat atau lagu dari Sunda, gue selalu minta diterjemahin ke bahasa Indonesia dan lagi-lagi mereka ngejeknya sama kayak nyokap, "Ya ampun ky. Gimana sih lu. Keturunan Sunda kagak bisa ngomong Sunda. Malu-maluin tau!!"

        Sebenernya sih gue malu karena ga bisa kayak mereka. Malu aja karena gue ada darah Sunda tapi ga bisa mewariskan kebudayaan dan adat Sunda. Cuma adat panggilan "Aa" dari adek gue aja yang mungkin bisa nunjukin kalo gue orang Sunda. Pengen belajar, tapi kadang suka malu kalo harus ngomong. Takut salah soalnya. Apalagi di Sunda itu ada istilah Undak Usuk Basa, tatanan berbahasa dari bahasa paling halus sampe paling kasar. Takut ga bisa nempatinnya. Makanya gue lebih milih ngomong pake bahasa Indonesia deh.

         Kalo Betawi dari bokap pun ceritanya juga sama. Banyak adat Betawi yang ga gue tau. Padahal gue 3 tahun sekolah di SMA Negeri di Jakarta dan bokap gue orang Jakarta. Jalan-jalan di Jakarta pun masih kagak berani kalo ga terpaksa.

         Yah ginilah anak muda jaman sekarang. Budaya metropolitan bisa berkembang tapi kebudayaan lokal susah banget nyantolnya. Bukannya gue ga bangga, tapi mungkin karena sulitnya akses gue buat belajar dan praktekin langsung adat dan budaya dari kedua suku yang ada di keluarga gue. So, beruntunglah kalian yang di rumahnya masih gunain bahasa daerah waktu percakapan sehari-hari. Gue sangat iri sama kalian guys :'-))

No comments: